KELUARGA SADAR HUKUM

gemaharjo 27 Maret 2023 20:03:21 WIB

Dalam rangka menjalankan kegiatan sosialisi Hukum Pemerintah Desa Gemaharjo menjalankan program Kadarkum keliling lingkungan selama tahun 2022. Kegiatan ini berlansung selama satu bulan dengan melibatkan keikutswertaan BPD dan praktisi hukum.

Tema Keliling lingkugan bertajuk Keluarga Sadar Hukum ini dilaksanakan selama Bulan Juni 2022. Dilaksanakan di Sembilan titik yang melibatkan pertemuan antara tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat disetiap lingkungan.
Kegitan ini sebagai upaya mendekatkan masyarakat dengan pengetahuan hukum keluarga perdata, pidana dan restorative justice. Pemerintah desa dengan didukung tokoh masyarakat, serta bekerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum LBH Muhammadiyah peserta setiap kegiatan tak kurang 30 orang.

LBH Muhammadiyah didapuk menjadi fasilitator dan pemateri dalam kegiatan kadarkum keliling lingkungan ini. Irfan SH.MH menjadi pemateri dalam delapan titik kegiatan yang berlangsung di setiap kediaman anggota BPD Gemaharjo.

Selain itu Pemerintah Desa Gemaharjo juga menjalin kemitraan dengan DInas Sosial dan P3A terkait dengan perlindungan anak. Sehingga cara kadarkum ini juga mendatangkan pemateri dari dinas social dengan materi perlindungan anak dan pendampingan untuk kegiatan desa nol perkwainan anak.

“melalui kegiatan ini warga dilingkungan kami menjadi lebih memahami tentang beberapa aturan mengenai hokum keluarga dan aturan hokum tentang lalulintas, waris dan berbagai persoalan lainnya” ungkap Joko selaku BPD Desa Gemaharjo.

Setiap penyuluhan humum juga diberikan kesempatan bagi setiap warga untuk menyampaikan aspirasi dan usulan tentang kondisi lingkungannya kepada pemerintah desa. Kepala Desa Gemaharjo Mahmud Cholis memaparkan berbagai permasalahan hukum dilingkungan yang mesti di restiorative justice dan tidak perlu untuk dibawa ke tingkat diatasnya.

“ kami mewanti- wanti agar masyarakat lebih paham jika ada persoalan tidak semua harus masuk ranah pidana kepolisian, jika mencuri tingkat kecil yang tidak lebih dari 2,5 juta dan bukan penganiayaan mestinya bisa diselesaikan dengan jalur restorative justice dan kami desa siap menfasilitasi” Ungkap kepala desa.

Berikut daftar kegiatan penyuluhan hokum tingkat lingkiungan yang telah dilakukan:
1. Jum’at,3 Juni 2022 dirumah BPD Imam Sukemi materi Hukum keluargaa
2. Minggu,5 Juni 2022 dirumah BPD Sukur materi Hukum keluarga dan ketertiban lingkungan
3. Rabu,8 Juni 2022 dirumah BPD Joko Susilo materi Hukum keluarga dan ketertiaban serta kesusialaan
4. Jum’at,10 Juni 2022 dirumah BPD Suprato materi Hukum keluarga dan adopsi anak
5. Senin, 13 Juni 2022 dirumah BPD Imam Isa Ansori materi Hukum keluarga dan ketertiban lingkungan
6. Rabu,15 Juni 2022 dirumah BPD Ikhwan Rifa’i materi Hukum keluarga dan persoalan lingkungan
7. Jum’at,17 Juni 2022 dirumah BPD Budi Santoso materi Hukum keluarga dan persoalan lingkungan
8. Senin,20 Juni 2022 dirumah BPD Huntoro materi Hukum keluarga dan kamtibmas
9. Rabu,22 Juni 2022 dirumah BPD Titik materi Hukum keluarga dan perlindungan anak

Komentar atas KELUARGA SADAR HUKUM

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Sejarah Desa Gemaharjo

Lokasi DESA GEMAHARJO

tampilkan dalam peta lebih besar